Minggu, 16 Desember 2012

Ce’the’: Cara Unik Menikmati Kopi

                                                                   (Foto: unicidea)

Bagi orang Jawa Timur menikmati kopi tidak hanya meminumnya.Namun ada kebiasaan unik yaitu ce’the’ atau nye’the’.Salah satunya kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Tulungagung.Warung kopi yang terkenal yakni warung kopi Waris.

Ce’the’ merupakan kopi yang dioleskan pada sebatang rokok dengan motif seni.Bentuknya bisa batik atau gambar yang lain.Caranya adalah, kopi dituang di atas piring kecil, orang Jawa biasa menyebutnya lepek.Airnya diminum sampai habis.Sisa kopi yang masih tertinggal di lepek dikeringkan pakai kertas koran.Setelah dirasa cukup kekentalannya maka kopi siap digunakan untuk nyethe sebatang rokok.

Kopi yang digunakan untuk ce’the’ tidak asal kopi.Melainkan menggunakan resep tersendiri.Bahan yang ditambahkan ke kopi antara lain, kacang hijau, kelapa, susu dan lain-lain.Sebagian warung kopi di Tulungagung merahasiakan resep andalan mereka.Tekstur kopi yang digunakan juga harus halus agar mudah menempel pada rokok.

Bagi para penggemar kopi ini, nye’the’ merupakan proses pembuatan karya seni.Dengan media sebatang rokok dan tintanya bubuk kopi yang telah dihaluskan. Warung ce’the’ dapat ditemukan dengan mudah di Tulungagung dan sebagian wilayah Jawa Timur.Karena minum kopi menjadi kebiasaan masyarakat yang sudah melekat.Konsumennya berasal dari berbagai kalangan.Dari tua, muda serta berbagai macam profesi.

Budaya ce’the’ atau nye’the’ juga dapat ditemukan di Kabupaten Pati Jawa Tengah.Beberapa tahun yang lalu warung kopi cethe banyak terdapat di sekitar alun-alun pati.Masyarakat Pati juga banyak yang menyukai rokok yang dilukis dengan kopi ini.

Dalam perkembangannya warung kopi cethe di Tulungagung sudah dikelola secara profesional.Untuk menarik konsumen para pelayan terdiri dari gadis-gadis yang masih muda dan cantik tentunya.Warung kopi juga menyediakan berbagai macam pilihan rasa kopi sesuai selera pembeli.Ada yang rasa susu, jahe, kacang ijo dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu tidak ada salahnya anda mencoba menikmati keasyikan minum kopi sambil nye’the’.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar